Youtube Jualan Musik & Game

New York – Situs berbagi video Youtube akan mulai menjual musik dan video game dan mencoba format iklan yang berbeda. Tujuannya tak lain untuk menggenjot pendapatan.

Nantinya, pengunjung Youtube dapat membeli lagu-lagu dari video musik yang mereka tonton di situs itu dengan mengklik tombol yang akan membawa mereka masuk ke toko Amazon.com atau iTunes Apple, demikian seperti dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (9/10/2008).

Selain itu, pengunjung Youtube juga dapat membeli video game seperti game Spore melalui link Amazon. iTunes dan Amazon akan berbagi pendapatan dengan Youtube saat user membeli konten melalui situs berbagi video milik Google tersebut.

Selama ini Youtube masih menggantungkan diri pada sektor iklan sebagai sumber pendapatan utama. Namun, mereka juga terus bereksperimen dengan berbagai format iklan untuk memaksimalkan pendapatan. Salah satunya adalah menampilkan iklan di bagian bawah video yang diputar, dan mengadakan berbagai kontes yang disponsori oleh pengiklan.

Analis dari Piper Jaffray Research memperkirakan situs video ini akan meraup pendapatan sekitar US$200 juta di tahun 2009. Popularitas Youtube sebagai situs berbagi video memang tak perlu diragukan. Di Agustus 2008, Youtube dikunjungi sekitar 330 juta pengunjung.

Dikutip Dari : Detiknet.com

This entry was posted in Artikel IT. Bookmark the permalink.