Wi-Fi Saingi Bluetooth

wifiWi-Fi Aliance mengumumkan standar baru untuk jaringan komunikasi nirkabel yang memungkinkan dua buah perangkat elektronik saling terhubung secara langsung peer to peer tanpa melalui akses point atau router. Spesifikasi teknologi ini akan menjadi pesaing langsung Bluetooth.

“Wi-Fi Direct merupakan lompatan baru dalam industri. Para pengguna Wi-Fi di dunia akan memperoleh manfaat dari solusi teknologi tunggal untuk saling berkirim konten dan berbagi aplikasi dengan cepat dan mudah di antara berbagai perangkat,” ujar Edgar Figueroa, executive director Wi-Fi Alliance.

Kecepatan transfernya secepat akses Wi-Fi yakni hingga 250 Mbps. Perangkat yang sudah mendukung Wi-Fi Direct akan bisa memberitahukan statusnya kepada perangkat lain dan mengecek status perangkat lain seperti halnya Bluetooth. Kelebihan lainnya, Wi-Fi Direct bisa saling terhubung lebih dari satu pasang perangkat. Bahkan, selain itu, tidak harus kedua perangkat dilengkapi Wi-Fi Direct untuk melakukan koneksi peer to peer.

Untuk masalah keamanan, Wi-Fi Direct bakal mendukung WPA2 (Wi-Fi Protected Access 2) dan enkripsi AES. Wi-Fi Alliance berencana akan menyelesaikan proses setifikasi standar teknologi Wi-Fi Direct mulai pertengahan 2010.

Sumber

This entry was posted in Artikel IT. Bookmark the permalink.