Benci dan Cinta, apa pengaruhnya bagi hidup kita?

love-hateDi dunia ini seseorang berjumpa, merasa dekat atau berhubungan dengan orang lain dikarenakan dua sebab: Cinta dan Benci.
Karena Cinta seseorang bisa bersama dan berjalan bergandengan tangan, dan karena cinta pula kita memperoleh hubungan kedekatan dengan orang yang kita sayangi.
Cinta yang universal bukan cinta yang harus memiliki, tetapi cinta yang benar-benar murni dari dalam hati dan sanubari…
Proses perasaan manusia terkadang menyebabkan hubungan antar sesama menjadi kering, garing, bahkan salah paham hanya karena permainan perasaan yang muncul karena pikiran , ucapan dan perbuatan

Bila cinta muncul menjadi benci, hal ini akan sangat panjang urusannya. Karena ketika seseorang mencintai orang lain, ia akan selalu teringat dengannya dan sebaliknya pun demikian, tanpa sadar ketika kita membenci seseorang, orang itu pun selalu berada dalam pikiran kita…
bila Kadar kebencian ini tidak bisa diselesaikan maka akan terbawa terus sapai kapanpun. Bila ‘hutang dibawa mati’ maka ‘benci dan cinta pun sama akan terbawa mati’

Karena ucapan kita seseorang terluka,
dengan ucapan benar, pujian, permohonan maaf, pula kita merawat luka karena ucapan.
karena perbuatan kita seseorang terluka, dan dengan perbuatan baik pula kita bisa menambal luka lama.
karena perbuatan kita seseorang terluka, dan dengan perbuatan baik pula kita bisa menambal luka lama.
Karena Pikiran seseorang terluka, dengan pikiran baik dan penuh cinta kasih pula, kita dapat memaafkan seseorang dan merekatkan kembali luka yang terbuka lebar.

Kasih sayang ibarat betadine yang menyembuhkan luka. Pengakuan kesalahan ibarat alkohol yang mencuci luka, dan permohonan maaf ibarat kasa atau perban yang menutupi luka sampai sembuh.

White lies atau berbohong untuk kebaikan tetap saja dikatagorikan sebagai berbohong. tetapi memiliki dosa yang tidak begitu berat, dibanding dengan unsur kesengajaan.
Bila kita dapat bermain cantik dalam ucapan (tanpa harus berbohong) ini juga sudah satu cara menghindari white lies. dengan kebijaksanaan kita dapat menguraikan benang-benang kusut yang ada.

Siapapun tidak ada yang senang dibohongi mengapa kita harus berbohong?
makanya bukalah pintu maaf bagi siapa pun selesaikan dendam dan kesalahpahaman saat ini juga dan tidak perlu kubur luka lama.
Perbaiki semua hubungan negatif… tambahlah unsur-unsur positif dalam pikiran, perbuatan dan ucapan… sehingga kita tidak pernah kehilangan teman maupun orang yang kita cintai.

Sumber

This entry was posted in Realitas Kehidupan. Bookmark the permalink.

2 Responses to Benci dan Cinta, apa pengaruhnya bagi hidup kita?

  1. fira says:

    bagus banget kalau bisa di perbanyak lagi ya…
    thx..

  2. admin says:

    thx fira,, you’r welcome

Comments are closed.