Kesan Pertama "Tips Wawancara"

interviewtipsPernahkah Anda mendengar iklan di TV yang berkata “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” ?

Saya sangat menyukai iklan tersebut karena HAL ITU MEMANG BENAR.

Kita boleh saja beralasan bahwa kita tidak boleh menilai orang lain hanya dari luarnya saja. Saya tidak menyalahkan argumen seperti. Bahkan jika Anda benar-benar menerapkannya, saya akan sangat salut dengan Anda bahwa Anda bukanlah orang cepat mengambil kesimpulan dari kesan pertama.

Namun bagaimana jika Anda hanya bertemu dengan seseorang satu kali saja seumur hidup Anda? Seperti wawancara kerja.

Satu pertemuan yang menentukan masa depan Anda.

Satu pertemuan yang jika Anda tidak dapat mensiasati dapat menyebabkan Anda dianggap sebagai orang yang tidak kompeten, membosankan, tidak tegas, kurang percaya diri, dan tidak cocok untuk bekerja di perusahaan yang Anda datangi.

Sekali Anda gagal, tidak akan ada lagi kesempatan kedua untuk menunjukkan seperti apa diri Anda yang sesungguhnya sesungguhnya.

Dan yang lebih membuat Anda kesal adalah, Anda melakukannya dengan TIDAK SADAR!

Mungkin hanya karena Anda sedikit tegang, Anda tidak terlihat seperti biasanya. Anda tidak dapat menunjukkan kemampuan terbaik Anda pada saat wawancara

Saya tidak akan mengatakan sesuatu yang kuno seperti “Pede aja” atau “Jadilah pendengar yang baik” atau jargon-jargon yang hanya menyarankan tanpa memberi tahu bagaimana cara melakukannya.

Saya akan memberikan sesuatu dari konsep UnICoM yang EFEKTIF dan LANGSUNG DAPAT DIPRAKTEKKAN.

Dengan beberapa kali mencobanya, Anda akan terlihat sangat berbeda dihadapan orang yang baru Anda kenal. Jika Anda melakukannya sesuai tips saya, maka 90% Anda akan memberikan kesan yang positif.

Saya sengaja tidak menyebutkan 100% karena kadang-kadang ada orang yang memiliki masa lalu yang kurang bagus dan Anda (sialnya) mengingatkannya akan memori buruk tersebut. Sebagai contoh jika wajah Anda mirip dengan mantan pacar yang mengkhianati orang tersebut, maka orang tersebut akan cenderung berpikir Anda pasti mengkhianatinya padahal Anda adalah orang yang sangat setia terhadap pasangan Anda.

Seseorang memerlukan 5-10 detik untuk membentuk kesan pertama terhadap Anda. Dan kemungkinan dia akan perlu beberapa menit untuk mengkonfirmasi kesan yang dia bentuk. Jadi jika Anda memanfaatkan beberapa detik pertama untuk membuat dia terkesan, maka Anda sudah 90% sukses.

Saya tahu Anda pasti berpikir dalam waktu sesingkat itu tidak mungkin Anda bisa memberikan kesan baik terhadap orang lain. Anda pasti berpikir bahwa Anda harus ngobrol akrab panjang lebar dalam situasi informal untuk dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan.

Namun ada kabar baik bagi Anda, jika Anda melakukan hal-hal seperti yang saya sebutkan dibawah ini dalam 5-10 detik pertama, saya yakin Anda akan memberikan “Kesan pertama begitu menggoda” bagi mereka

Oke saya yakin Anda sudah tidak sabar, berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kesan positif dalam waktu singkat.

1. KONTAK MATA YANG CUKUP

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melakukan kontak mata yang cukup. Maksud saya cukup adalah melihat mata lawan bicara Anda dengan pandangan wajar dan antusias (bukan melotot mengancam atau atau pAndangan jenis lainnya). Kontak mata yang cukup biasanya terjadi sekitar 70%-80% dari pertemuan
2. BERJABAT TANGAN

Berjabat tanganlah dengan akrab dan kokoh. Jabat tangan yang kokoh dan akrab dipadukan dengan kontak mata yang cukup akan memberi kesan bahwa Anda adalah seseorang yang sangat percaya diri dan tegas. Anda tidak perlu sampai meremas terlalu kuat kecuali Anda ingin dipecat sebelum bekerja. Cukup berikan sedikit tenaga saat bersalaman dengan pewawancara. Jabat tangan yang lemah menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri.

3. TAMBAHKAN SENYUMAN

Jika Anda sudah melakukan point 1 dan point 2, maka Anda akan terlihat sangat percaya diri, namun pada saat yang bersamaan terlihat menakutkan. Karena itu tambahkan senyuman bersahabat di wajah Anda. Senyuman Anda akan membuat orang lain berpikir bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan, ramah, dan bersahabat.Dengan begitu pewawancara dapat merasa lebih nyaman saat ‘menginterograsi’ Anda dan mulai membayangkan betapa nyamannya bekerjasama dengan Anda. Saran saya, tersenyumlah dengan tulus. Senyuman palsu dan tidak tulus akan terbongkar dengan mudah dalam waktu singkat.

4. DUDUK DENGAN PUNGGUNG TEGAK DAN TARIK BAHU KE BELAKANG

Posisi punggung tegak adalah tanda jika Anda percaya diri, bahagia, atau tertarik. Jangan pernah menyilangkan kaki atau melipat tangan ketika sedang duduk karena hal ini memberikan kesan bahwa Anda tidak nyaman atau bahkan ketakutan.

Jangan menempatkan sesuatu(map, tas, dll) antara Anda dan pewawancara seperti gambar diatas karena hal ini menimbulkan efek yang sama dengan melipat tangan dan menyilangkan kaki.

5. JANGAN GARUK HIDUNG ANDA

Apa hubungan antara hidung gatal dengan wawancara? Percayalah hal itu ada hubungannya secara psikologi dan biologi dan saya tidak akan menjelaskannya disini karena terlalu panjang. Jika hidung Anda tiba-tiba merasa gatal dan Anda ingin menggaruknya, JANGAN LAKUKAN!Hal ini akan memberi kesan bahwa Anda mengevaluasi sesuatu yang tidak Anda sukai dari lawan bicara. Saat wawancara, Anda tidak dapat menunjukkan kondisi emosi Anda kecuali Anda memang ingin menunjukkannya.
6. PILIH BUSANA BERWARNA BIRU

Jika Anda mempunyai kemeja atau setelan berwarna biru, saya SANGAT MENYARANKAN untuk memakainya pada saat wawancara. Dalam ilmu psikologi, biru memberi kesan LOYAL dan JUJUR. Memakai sesuatu berwarna biru akan memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang setia dan jujur. 

Bagaimana? Cukup mudah bukan! Saya yakin seratus persen bahwa Anda langsung bisa melatihnya sekarang juga didepan cermin di kamar Anda untuk wawancara esok hari.

Tips-tips diatas tak lebih hanyalah SECUIL dari apa yang ada dalam UnICoM, sebuah konsep menyeluruh yang akan memandu saya langkah demi langkah untuk menjadi seorang komunikator ulung. Teknik komunikasi hanya FAKTOR LUAR/FISIK, namun yang lebih penting daripada itu semua adalah bagaimana membentuk MINDSET dari sisi rohani atau bahasa panjangnya adalah menata ulang cara berpikir Anda sehingga hasil yang didapat OPTIMAL.

Anda dapat bayangkan teknik komunikasi efektif sebagai sebuah baju yang bagus yang Anda pakai, yang membuat Anda dihormati sebelum orang mengenal Anda.

Tapi apakah Anda ingin orang menghormati Anda hanya dari pakaian Anda? dan setelah mengenal lebih jauh, mereka mengenal Anda sebagai orang yang berbeda dari kesan pertama, atau bahkan menyesal mengenal Anda?

Anda tidak ingin itu terjadi pada diri Anda bukan?

Semua tips diatas didasari dari konsep UnICoM dan telah saya latih dan praktekkan berulang-ulang secara dan telah saya ajarkan kepada banyak kalangan job seeker dalam UnICoM Training Center.

Untuk menjadi seorang komunikator ulung, seseorang harus mempunyai kombinasi antara faktor fisik (bahasa tubuh), cara berpikir yang benar (mindset) dan sisi rohani (cara membentuk mindset) yang kuat sebagai pondasi untuk mempraktekkan teknik komunikasi dengan optimal.

Saya percaya apapun latar belakang Anda saat ini asalkan Anda bisa membaca, Anda pasti dapat menarik berbagai peluang emas yang tentu saja menuntun Anda pada kesuksesan dalam hidup.

Artikel ini saya dedikasikan khusus untuk Anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

This entry was posted in Realitas Kehidupan. Bookmark the permalink.